Wednesday, October 20, 2010

Pengertian Teknik Industri

Teknik Industri adalah cabang dari ilmu teknik yang berhubungan dengan pengembangan, perbaikan, implementasi dan evaluasi dari sistem integral dari manusia, uang, pengetahuan, informasi, peralatan, energi, material dan proses.  Teknik industri berasal dari prinsip dan metode teknik analisis dan sintesis, matematika, fisika, dan ilmu-ilmu sosial untuk menetapkan, meramalkan, dan mengevaluasi hasil yang diamati dari suatu sistem. Dalam sistem manufaktur sederhana, ahli teknik industri (industrial engineer) bekerja untuk meniadakan waktu, uang, material, energi, dan sumber-sumber lain yang terbuang.
Pengertian Teknik Industri berdasarkan IIE (Institute of Industrial and System Engineering) adalah sebagai berikut : Teknik Industri adalah suatu teknik yang mencakup bidang desain, perbaikan, dan pemasangan dari sistem integral yang terdiri dari manusia, bahan-bahan, informasi, peralatan dan energi. Hal ini digambarkan sebagai pengetahuan dan keterampilan yang spesifik pada metematika, fisika, dan ilmu-ilmu sosial bersama dengan prinsip dan metode dari analisis keteknikan dan desain untuk mengkhususkan, memprediksi, dan mengevaluasi hasil yang akan dicapai dari suatu sistem.
Teknik Industri berkenaan dengan proses untuk memperbaiki performansi keseluruhan dari sistem yang dapat diukur dari ukuran-ukuran ekonomi, pencapaian kualitas, dampak terhadap lingkungan, dan bagaimana semua hal tersebut dapat memberikan manfaat pada kehidupan manusia. Teknik Industri juga dapat diartikan sebagai suatu teknik manajemen sistem, yaitu suatu teknik yang mengatur sistem tersebut secara keseluruhan dengan mempertimbangkan aspek-aspek yang terkait. Aspek-aspek tersebut antara lain manusia sebagai aspek terpenting, mesin dan material.
Teknik Industri mengatur agar sistem tersebut berjalan dengan cara yang paling produktif, efektif dan efisien. Ilmu teknik industri memanfaatkan ilmu dan keterampilan tertentu (seperti matematika, fisika, ilmu-ilmu sosial, prinsip-prinsip, methoda analisa serta perancangan dalam bidang teknik) untuk menyatakan, memperkirakan serta mengevaluasi hasil kerja dari sistem terintegrasi di atas.

No comments:

Post a Comment