Sunday, October 2, 2011

Sejarah Masuknya Agama Katolik di Manado


Misi katolik bertumbuh dan berkembang di Sulawesi Utara hingga terbentuknya Keuskupan Manado terjadi dalam 3 tahap periode:
1.      Periode Pertama: Masuknya Para Misionaris dan Usaha Misi Awal (1563-1677).
Mulainya usaha misi di Sulawesi Utara dimulai pada tahun 1563. Pada masa ini bentuk pemerintahan di Sulut masih berupa kerajaan-kerajaan dan kesultanan. Suatu daerah dipimpin oleh seorang raja atau sultan.
Misionaris pertama yang menginjakkan kaki di tanah Sulut adalah Pater Diogo de Magelhaes. Hal ini terjadi karena Sultan Hairun, Sultan Ternate, mengirimkan anaknya, Baab-Ullah untuk pergi ke Sulut dengan maksud untuk memaksa penduduk-penduduk di situ untuk memeluk agama Islam. Hal inilah yang membuat Portugis turun tangan menggagalkan rencana tersebut. Mereka mengirim dua buah kapal ke Sulawesi bersama dengan seorang misionaris, Pater Diogo de Magelhaes.
Di sana Pater Magelhaes berhasil membaptis banyak penduduk dan bahkan raja mereka. Raja dan penduduk antusias meminta diri untuk dibaptis. Tetapi Pater Magelhaes tidak menyetujui permintaan tersebut dengan alasan misionaris yang tidak mencukupi. Dengan demikian ia hanya membaptis raja dan orang-orang penting lainnya.
Setelah Pater Magelhaes, mulai muncul misionaris-misionaris lainnya, yang dengan penuh antusias membaptis dan mengajarkan ajaran Kristus kepada rakyat di Sulawesi Utara. Mereka antara lain, Pater Mascarenhas SJ, Pater Roger Koenraads, Pater Francesco de Groce, Pater Antonio Pereira, dan masih banyak lagi misionaris yang datang untuk menjalankan karya misi mereka di negeri nyiur melambai ini. Dalam menjalankan tugas pelayanan ini banyak sekali tantangan. Misalnya, ada kepercayaan-kepercayaan kafir (alifuru) dan kerajaan-kerajaan Islam yang menentang dan berusaha mengusir misionaris-misionaris tersebut.
Pada tahun 1666, usaha misi di Sulawesi Utara terhenti karena pada saat itu Belanda membangun benteng Amsterdam di Manado. Pada tahun 1672, Belanda menguasai penuh Sulawesi Utara dan mengusir Portugis dan Spanyol, yang sebelumnya menguasai Indonesia.
2.      Periode Kedua : Perkembangan Misi Gereja sejak 1853-1919
Misi di Sulawesi Utara sempat terhenti selama beberapa tahun, karena disebabkan oleh adanya kependudukan Belanda. Bangsa Belanda datang ke Indonesia dengan diboncengi oleh VOC. Belanda merupakan negara yang menganut agama Protestan. Oleh karena itu, misi di Sulawesi Utara berhenti. Mereka berusaha membuat Indonesia menganut kepercayaannya, yaitu Protestan.
Misi di Sulawesi Utara mulai bangkit kembali pada tahun 1853 yang dilatarbelakangi oleh Revolusi Perancis. Berkat Revolusi Perancis inilah karya misioner Gereja mulai menyebar di seluruh dunia. Di Belanda, berkat politik yang dilakukan oleh Napoleon Bonaparte, misionaris-misionaris Belanda mulai mendapat keleluasaan dalam memeluk agama. Dengan demikian hal ini juga berpengaruh di Indonesia, yang yang dikuasai oleh Belanda. Daendels, yang menjadi Gubernur Belanda di Indonesia, menetapkan dekrit kebebasan beragama di Indonesia pada tahun 1858. Sejak saat itu misionaris-misionaris mulai menjalankan misi pelanyanannya.
Jawa menjadi daerah pertama di Indonesia yang dikunjungi oleh misionaris-misionaris. Sehingga orang-orang Sulut yang melakukan dinas militer di Jawa, mulai mengenal kembali agama katolik. Di antara mereka ada yang menjadi katekis, pewarta dan misionaris Gereja.
Orang yang menjadi perintis dalam karya misi di Sulut adalah Daniel Mandagi. Atas usahanya maka di Sulut mulai dibuka kembali karya misi. Banyak misionaris mulai menginjakkan kaki ke negeri nyiur melambai ini lagi. Mereka adalah Pater Vries SJ, Pater Georgus Metz, Pater van Meurs SJ. Selain misionaris-misionaris tersebut dibentuk juga katekis-katekis awam untuk memberikan pelajaran agama kepada orang-orang katolik maupun calon katolik.
Dengan mulai dibuka kembali misi di Sulut, maka secara perlahan-lahan mulai muncul stasi-stasi, khususnya di Minahasa, seperti di Kakaskasen, Sarongsong, Tara-tara, Woloan dan daerah lainnya.
3.      Periode ketiga : Peralihan dari SJ kepada MSC
Pada tahun 1917, misionaris MSC datang ke Manado. Sejak saat itu diadakan pengalihan wilayah dari misionaris SJ kepada misionaris MSC. Kemudian pada tahun 1919 muncul dekrit dari Roma di mana Sulut dijadikan Prefektur Apostolik yang dipercayakan kepada konggregasi MSC. Konggregasi MSC ini meneruskan karya misi yang selama bertahun-tahun telah dibentuk oleh para misionaris SJ.
Dalam menjalankan karya misi ini, banyak sekali buah-buah yang dapat kita rasakan sampai sekarang berkat usaha dan kerja keras dari para misionaris MSC. Misalnya, dalam bidang pendidikan sangat ditekankan. Banyak gedung-gedung sekolah dibangun. Di bidang kesehatan, dibangunlah rumah-rumah sakit. Stasi-stasi mulai diperbanyak sehingga banyak misionaris yang datang, dan banyak imam mulai ditempatkan pada pos-posnya. Selain itu pula di kalangan umat mulai digalakkan macam-macam kegiatan seperti kumpulan-kumpulan, pertemuan-pertemuan wilayah, dll.
Dengan masuknya tenaga-tenaga dari konggregasi MSC, pelayanan umat lebih intensif dengan mendirikan stasi-stasi baru, seperti Manado, Tomohon, dan Woloan, kemudian menyusul yang lainnya seperti Kembes, Lembean, Langowan, dll.
Dalam membangun semuanya itu, pasti tidaklah lepas dari pengaruh-pengaruh pada zaman itu yang menjadi hambatan. Perang Dunia II memiliki dampak yang besar bagi misi di Indonesia, yang sedang dijajah oleh Belanda. Hubungan para misionaris dengan pusatnya di Belanda terputus. Bantuan-bantuan baik tenaga maupun material lain terhenti. Meskipun demikian umat di Manado sudah mulai dapat berdiri sendiri dan selalu mau bekerja sama serta membantu pastornya.
Sesudah kependudukan Belanda, Indonesia kembali diduduki oleh Jepang. Pada zaman Jepang, misi di Indonesia mengalami hambatan yang berat. Banyak imam ditawan, sehingga kegiatan melayani umat terhambat. Namun demikian, karya misi Manado pantas diacungi jempol. Dalam menjalankan misi, yang berperan aktif bukanlah para imam, melainkan para awam. Kaum awam sangat berapi-api dalam mewartakan injil dan membela imannya.
Setelah masa kependudukan Jepang berakhir, Mgr. W. Pannis, selaku Prefektur Apostolik pada masa itu di Manado, membangun kembali Seminari, yang hancur pada saat perang. Seminari dibangun di Woloan dan dinamakan “Tarsisius”. Pada tanggal 14 September 1953 mulai diadakan pembangunan untuk Seminari Tinggi. Pada tanggal 14 Agustus 1955 Seminari Tinggi mulai berjalan.
Pada tanggal 15 Maret 1961, dua imam pertama yang dididik di seminari telah ditahbiskan. Tanggal 2 Februari 1961 Mgr. Verhoeven, Prefek Apostolik pengganti Mgr. Pannis, diangkat menjadi Uskup Manado. Pada saat itulah Manado yang semula hanya merupakan Vikariat Apostolik berdiri menjadi Keuskupan sendiri, yaitu Keuskupan Manado. Pst. Th. Moors diangkat oleh Uskup Manado menjadi Vikaris Jendral.

No comments:

Post a Comment